Selasa, 24 April 2012

Taj Mahal

Are you familiar with India? The land of the people who like singing so much? India has one of the greatest monument is Taj Mahal, a memorial of love.
Taj Mahal adalah sebuah makam megah yang terletak di tepi Sungai Jumna,Agra,India. Raja Mughal, Shah Jahan, mempersembahkan makam ini untuk istri kesayangannya, Mumtaz Mahal yang meninggal saat melahirkan anak mereka yang ke 14. Kesedihan Shah Jahan inilah yang kemudian menjadi inspirasi pembangunan Taj Mahal pada tahun 1631. Kita bisa menemukan pusaran, saluran pengairan, kota kecil Taj Ganji dan taman bulan purnama disekitar Taj Mahal. Karena Taj Mahal sangat indah dan megah, UNESCO kemudian menobatkannya sebagai World Heritage Site pada tahun 1983.
Shah Jahan memerintahkan Ustad Isa dari Turki untuk mendesain bangunan ini. Ia mengumpulkan 20.000 pekerja yang terdiri dari tukang batu, tukang emas, pemahat dari seluruh dunia. Sebanyak 43 jenis batu permata termasuk berlian, batu giok, kristal, dan topaz di gunakan selama 22 tahun masa pembangunan. Setelah pembangunan selesai, Shah Jahan menjatuhkan hukuman mati pada Ustad Isa. Semua pekerja yang terlibat dalam pembangunan itu dipotong tangannya, supaya mereka tidak dapat membuat bangunan yang lebih bagus dari Taj Mahal.

Shah Jahan berencana membangun duplikat makam ini dari marmer hitam di seberang sungai Jumna. Tetapi ia digulingkan oleh putranya, Aurangzeb, sebelum duplikat tersebut dibangun. Aurangzeb kemudian menjatuhkan hukuman tahanan rumah pada ayahnya. Ketika raja wafat, Aurangzeb memakamkannya di sebelah istrinya di Taj Mahal.
Sejak awal pembangunannya, Taj Mahal telah menarik banyak pengunjung. Kota kecil disebelah selatan Taj, yang dikenal Taj Ganji atau Mumtazabad, menyediakan tempat bermalam, bazaar dan pasar-pasar tradisonal untuk melayani kebutuhan para pengunjung dan wisatawan. Hingga saat ini, Taj Mahal menarik jutaan setiap pengunjung setiap tahun, menjadikannya tempat kunjungan wisata paling popular di India. Para turis biasanya berkunjung selama musim dingin dari bulan Oktober, November hingga Februari. Karena ada larangan mempolusi udara di sekitar area Taj Mahal, semua turis harus berjalan kaki dari area parkir mobil atau naik bus listrik yang tersedia.
Taj Mahal is one of the Seven Wonders of the modern World, and it’s now also announced as one of the New Seven Wonders of the World. Taj Mahal is really the proof of human’s great work.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar