Selasa, 24 April 2012

Radio

Today you can listen to music, news, and chat wherever you go simply by having your cellphone. But did you know that before the area of the internet, nothing could rival the reach of the radio, not even television. Let’s get to know more about the radio.
Radio berasal dari kata to radiate (dalam bahasa latin radius) yang berarti jari roda, cahaya. Radio di temukan oleh Marconi tahun 1896. Dan progam radio pertama kali disiarkan pada tanggal 31 Agustus 1920 oleh stasiun 8 MK di Detroit Michigan.
Bagaiman cara kerja radio ? It’s simple! Radio mengirimkan energy listrik dari sebuah pemancar tanpa menggunakan kabel pada sebuah penerima. Ketika kamu menarik antena pada sebuah alat penerima radio, ia akan menangkap energy elektromagnetik yang masuk. Pilihlah stasiun radio dan sirkuit listrik yang ada di dalamnya akan memilih progam yang kamu inginkan dari semua stasiun radio yang mengudara.

What is an FM or an AM radio? Fm adalah singkatan dari frequency modulation dan AM adalah singkatan dari amplitude modulation. Pembawa gelombang AM berubah amplitudonya untuk meniru suara yang dikirimkan. Sedangkan pembawa gelombang FM berubah frekuensinyauntuk meniru suara yang dikirimkan. Radio FMmenghasilkan suara yang lebih jernih, jauh lebih baik dari radio AM.
Untuk Negara kita Indonesia, radio memiliki peran penting. Hari Kemerdekaan Indonesia pertama kali diumumkan secara nasional dan internasional melalui radio. Para pahlawan kita saat itu harus mengumumkannya di radio secara sembunyi-sembunyi karena saat itu radio masih dimiliki pemerintah Jepang. RRI secara resmi didirikan pada tanggal 11 September 1945. RRI tetap menjadi satu-satunya radio di Indonesia sampai kemudian tahun 1966 banyak stasiun radio yang bermunculan.
Meskipun todak sepopuler dulu, radio tetap menjadi alat komunikasi yang paling penting. Di beberapa tahun terakhir, tekhnilogi radio di gunakan untuk internet nirkabel, telpon genggam dan banyak yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar